MLM Umroh Halal Sesuai Syariah

PT Arminareka Perdana sebagai biro travel umroh umroh dan haji, menerapkan sistem network/MLM dalam pemasarannya. Yaitu jasa pemberangkatan jamaah untuk berangkat umroh dan haji. Namun MLM yang saya maksud di sini bukan MLM biasanya. Tapi MLM yang artinya Masuk langsung Makkah. Masuk Langsung Madinah. Artinya MLM Umroh Halal sesuai syariah. Bagi jamaah yang Umroh / Haji menggunakan tarvel Arminareka Perdana diberikan hak usaha dengan sistem bagi hasil secara adil. Sesuai dengan ketentuan agama Islam (syar’i). Ketika pertama kali menjalankan sistem bagi hasil ini, perusahaan langsung mendaftarkan ke lembaga tertinggi agama (MUI) untuk diteliti. Pada tahun 2010, MUI mengeluarkan legitimasi dan sertifikasi bahwa usaha PT Arminareka Perdana sudah sesuai dengan syariah. Artinya bahwa tidak ada pihak yang didzolimi satupun dan tidak ada unsur riba di dalamnya.

MLM Umroh halal sesuai syariah
Umroh Arminareka solusi Umroh dan Percepatan Rezeki

MLM Umroh Halal Sesuai Syariah bagi Hasil Lebih Tinggi

Masyarakat tentu bertanya-tanya, jika tidak ada unsur riba mengapa bagi hasil atau komisi yang diberikan besar sekali? Besarnya bagi hasil tersebut diperoleh karena PT Arminareka Perdana berhasil memangkas/menghilangkan biaya marketing. Seperti TV, Radio, Koran, Majalah, baliho, spanduk dan lain-lain. Biaya marketing ini menghabiskan puluhan miliar rupiah. Anggaran itulah yang pada akhirnya dibagikan kepada jamaah yang berprestasi.

Disamping itu PT Arminareka Perdana juga berhasil menekan anggaran dari perusahaan-perusahaan yang bekerja sama.  Seperti maskapai penerbangan, hotel, catering dan perusahaan transportasi. Hal ini terjadi karena perusahaan tiap bulan memberangkatkan rata-rata 5.000 jamaah tiap bulan. Jadi wajar kalau perusahaan partner tersebut memberikan diskon besar kepada Armina.

Arminareka Perdana MLM atau Bukan

Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa model Umroh dan Haji yang dijalankan PT Arminareka Perdana adalah MLM. Tuh buktinya para leadernya sibuk cari downline, cari jamaah. Dapat bonus dari uang pendaftaran, itu kan nggak sah, nggak halal. Kebanyakan orang yang menuduh tersebut belum tahu, belum paham dan belum ikut bisnis Armina. Ada beberapa alasan yang membuktikan bahwa Arminareka Perdana adalah bukan MLM Umroh dan Haji biasa. Arminareka adalah MLM umroh halal sesuai Syariah.  Diantaranya adalah sbb:

  1. Tidak ada jenjang peringkat dalam bisnis travel umroh / jamaahnya, sebagai mana MLM pada umumnya. Di Arminareka tidak ada jenjang, peringkat dan semua jamaah kedudukanya sama.
  2. Harga paket sama untuk semua orang, tidak ada disparitas harga, sebagaimana MLM pada umumnya. Ada harga member ada harga konsumen. Di Arminareka biaya umroh untuk member dan non member semua sama.
  3. Tidak ada kewajiban tutup poin, sebagaimana MLM pada umumnya. Nggak tutup poin bonus hangus. Di Arminareka bagi hasil diberikan dengan adil sesuai prestasi masing-masing. Dapat jamaah dapat komisi, jamaah banyak, komisi lebih besar.
  4. Keanggotaan berlaku selamanya, tidak seperti MLM pada umumnya dimana keanggotaan dibatasi waktu. Kadang harus daftar lagi tiap tahun. Di Arminareka sekali kita terdaftar maka selamanya kita bisa menjalankan usaha agen, tanpa batas waktu.
  5. Tidak ada biaya pendaftaran, sebagaimana MLM pada umumnya. Di Arminareka ada DP 3.5 juta, tapi DP yang kita bayarkan itu akan kita gunakan sebagai pengurang biaya umroh.
  6. Komisi/Bonus/Bagi Hasil tidak dibatasi level. Sampai level berapapun tetap diberikan bagi hasil kita secara adil. Tentu dengan berjalannya waktu, bisnis kita akan membesar dan terus berkembang seiring dengan berkembangnya PT Arminareka Perdana. Dan hebatnya lagi, bisnis kita yang sudah membesar ini nantinya bisa kita wariskan ke anak cucu kita. Yang telah kita daftarkan sebagai ahli waris saat pertama kita bergabung di Arminareka.

Dari uraian di atas jelas sekali bahwa Bisnis yang dijalankan Armina adalah bukan MLM biasa. Tapi MLM yang ada pada Armina adalah MLM Umroh halal sesuai syariah. MLM yang artinya masuk langsung Makkah, atau Masuk Langsung Madinah hehe. Karena betapa banyak jamaah yang sukses dan terbukti seperti itu, langsung bisa berangkat umroh.

Pandangan MUI tentang MLM Yang Halal

Bisnis Multi Level Marketing (MLM) masih menjadi jalan pintas bagi sebagian masyarakat. Yang mana mereka itu berharap tambahan penghasilan dalam jumlah besar, secara instant. Ini yang kurang benar. Berkembangnya bisnis jual berjenjang ini memicu perdebatan seputar halal atau haramnya aktivitas itu.

Menurut Ma’ruf Amin Ketua MUI, fatwa MUI terkait MLM syariah memang dibuat ketat. MUI selama ini berpegang pada Fatwa MUI nomor 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PBLS). Dan No.83/DSN-MUI/VI/2012 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Jasa Perjalanan Umrah.

Dalam fatwa tersebut, sedikitnya terdapat 12 persyaratan yang harus dipenuhi lembaga yang ingin berbisnis MLM Syariah. Ke-12 syarat itu adalah:

  1. Adanya objek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang dan produk jasa.
  2. Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram.
  3. Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat.
  4. Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan, sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh.
  5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata.
  6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi sesuai dengan target penjualan.
  7. Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan. Dan atau penjualan barang atau jasa.
  8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota tidak menimbulkan ighra’.
  9. Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya.
  10. Sistem perekrutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan akidah.
  11. Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut.
  12. Tidak melakukan kegiatan money game. (sumber: dream.co.id)

Dari 12 kriteria tersebut, Alhamdulillah sdh dipenuhi semua oleh PT Arminareka Perdana. Sehingga MLM yang dijalankan Armina layak disebut bisnis MLM umroh halal sesuai syariah.

Peluang Bisnis Paling Prospektif di Masa Depan

Jika kita sudah yakin, terus mau ngapain lagi? Ayuk segera action. Banyak sahabat saya yang bertanya mulu bisnis apa yang bagus? Saya jawab: “Bisnis yang bagus adalah bisnis yang kita yakini dan kita jalankan”. Bukan bisnis yang kita tanyakan melulu, tapi nggak ada actionnya. Bisnis Umroh adalah bisnis yang akan booming di masa yang akan datang. Berikut analisa sederhananya:

  1. Umroh adalah produk Allah.
  2. Mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim.
  3. Permintaan umroh 1.5 juta /tahun dan cenderung naik terus.
  4. Masa tunggu haji yang lama 15-20 tahun, bikin umat melihat alternatif lain yaitu umroh.
  5. Repeat order yang tinggi. Hampir semua jamaah ketika plang umroh, pasti pengen balik lagi tahun depan.
  6. Umroh adalah wisata religi. Wisata yang bernilai pahala akan jadi alternatif wisata terbaik.
  7. Umroh sudah menjadi life style / gaya hidup, banyak artis yang ikutan umroh.
  8. Umroh adalah solusi problematika kehidupan. Ketika seseorang menghadapi masalah berat/pelik dalam hidupnya, ia bernagkat umroh. Dan ini memang dibenarkan oleh agama.

Sudah mantap buka usaha agen umroh…? Hubungi kami atau lihat fan page Umroh Samara.

 

2 Balasan untuk “MLM Umroh Halal Sesuai Syariah”

    1. Assalamu ‘alaikum wr wb
      Salam kenal Ibu Mirza al Maarif.
      Uang 3.500.000,- ini untuk DP umroh satu orang bu, sehingga bisa mengurangi biaya umroh ibu.
      Dengan DP 3.5 juta ini Ibu akan mendapatkan sbb:
      1. Voucher Umroh senilai 3.5 juta berlaku seumur hidup (selama belum digunakan untuk umroh)
      2. Hak usaha travel Umroh dan Haji Plus dari Arminareka Perdana, lengkap dgn copy surat ijin usaha, ibu sudah punya usaha, sehingga bisa menerima pendaftaran umroh dan haji plus buat umat Islam di sekitar ibu, dengan komisi 1.5 juta untuk jamah umroh dan 2.5 juta untuk jamaah haji.
      3. Souvenir 1 Mukena ekslusif atau 1 Baju Koko warna putih.
      4. Asuransi sampai 50 juta (berlaku setahun, bisa diperpanjang)
      5. Bimbingan usaha

      Jika ada yang ditanyakan bisa kirim WA ke saya Hariyanto ST. MM 081284133166

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *