4 Langkah Kunci Sukses Memulai Bisnis

Di tengah tingkat pengangguran yang tinggi, mulai merintis usaha sendiri adalah langkah yang bijak dan pemberani. Bahkan hal itu sesuai dengan tuntunan Agama Islam, yang mana dalam sebuah hadits Rasulullah mengatakan bahwa 9 dari sepuluh pintu rezeki adalah dari perniagaan/bisnis. Walau termasuk salah satu perintah dalam agama, namun nyatanya masih banyak umat yang mengandalkan pendapatannya dari kerja kantoran, pabrik, PNS, dari pada pilih wirausaha. Salah satu hal yang kebanyakan orang takuti dalam wirausaha/bisnis adalah resiko gagal, pendapatan tidak tetap, dll. Satu hal yang juga penting adalah pengetahuan awal tentang bisnis itu sendiri. Berikut kami uraikan 4 langkah kunci sukses memulai bisnis.

4 Langkah Kunci Sukses Memulai Bisnis
4 Langkah Kunci Sukses Memulai Bisnis

4 Langkah Kunci Sukses Memulai Bisnis

  • 1. Miliki Mindset Bisnis yang Benar

    Dalam membangun sebuah bisnis memiliki mindset/pola pikir bisnis yang benar dan mental yang positif sangatlah penting dan ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:
    Modal, seberapa modal awal yang diperlukan. Berbicara tentang modal, diluaran sana banyak istilah hutang termasuk modal, dan itu sah-sah saja. Tapi ingat ada kewajiban mengembalikan hutang tsb, yang pasti jadi beban buat kita, padahal satu sisi usaha aja belum jalan. Kunci sukses untuk pemula yang baru memulai bisnis, cari usaha yang modalnya ringan, terjangkau, dan usahakan uang kita sendiri. Banyak usaha dengan modal ratusan ribu, jutaan, puluhan juta hingga miliaran. Nggak pernah ada bisnis yang tanpa modal.
    Produk, bisa produk fisik dan juga bisa berupa jasa. Kunci sukses memilih produk bagi pemula jika berupa produk fisik, pilih yang tahan lama, tidak basi, banyak dibutuhkan orang. Demikian juga jika mau pilih produk jasa, tentunya jasa yang sesuai dengan pangsa pasar mayoritas umat Islam.
    Pasar yang akan disasar, tentukan dari awal, agar tak salah arah. Realitas di negara kita pangsa pasar terbesar adalah umat Islam.
    Strategi pemasaran, mau door to door ke customer atau online.
    Kelangsungan bisnis dan tren bisnis, pilih bisnis yang terjamin kelangsungannya, nggak kenal musim.

    2. Produk yang akan dijual

    Usahakan produk/jasa yang menjadi bisnis Anda bisa memberikan manfaat dan dibutuhkan bagi orang-orang di sekitar Anda. Atau pilih produk yang bisa menjadi solusi terbaik atas permasalahan masyarakat, dengan manfaat ganda, artinya ketika customer menggunakan produk tsb bisa sekaligus mendapatkan solusi.  Beberapa cara menemukan produk yang akan dijual:
    – Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
    – Jual sebuah produk/jasa yang bisa memberi solusi dari permasalahan yang ada.
    – Tukar manfaat yang bisa Anda berikan, menjadi sebuah transaksi yang justru menguntungkan buat calon pembeli/pengguna jasa yang akan Anda bisniskan.
    Lakukan riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau pangsa pasarnya luas.

    3. Buka Tempat Usaha/Lapak Online

    Setelah kita mengetahui cara bisnis yang tepat dan produk/jasa apa yang kita jual maka saat ini kita membutuhkan sebuah tempat untuk melakukan usaha / promosi, maka berikut langkahnya:

  • Cari lokasi yang strategis untuk Toko Anda, atau jika rumah Anda berada di jalan raya, cukup gunakan rumah sebagai tempat usaha.
  • Buatlah akun media sosial seperti (Facebook, Twitter, Instagram, dll), social chat (BBM, LINE, WhatsApp, dll) dan melalui marketplace (Bukalapak, Tokopedia, OLX, dll).
  • Anda juga bisa mulai membuat website atau blog secara gratis. Website berguna karena bisa menjadikan parameter keseriusan penjual dalam mengelola bisnis. Isilah website dengan konten yang meyakinkan dengan memuat informasi sebagai berikut:
    – Profil usaha.
    – Galeri gambar produk/jasa beserta keterangannya.
    – Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi Anda.
    – Cara pemesanan.

          4. Promosi Bisnis Anda

Di tengah era globalisasi ini, sebagus apapun usaha Anda tanpa promosi sama saja nol. Promosi diperlukan untuk mengenalkan bisnis kita kepada masyarakat. Ada banyak cara berpromosi dari yang paling sederhana dgn cara mengundang tetangga dan sahabat dalam acara syukuran kantor. Anda juga bisa membagikan brosur. Bisa pla manfaatkan media sosial Anda dengan baik. Atau bisa pula menggunakan iklan berbayar dari puluhan ribu hingga ratusan juta. Silahkan pilih sesuai kantong dan kepiawaian Anda dalam berbisnis.

Peluang Usaha Dengan Modal Murah

Seakarang saatnya mengaplikasikan teori 4 langkah kunci sukses memulai bisnis. Coba perhatikan masyarakat sekitar Anda, Sahabat-sahabat Anda, tetangga Anda, mereka mayoritas muslim kan. Artinya mereka semua adalah pangsa pasar potensial yang ada di sekitar Anda. Coba ikuti perkembangan info-info terkini. Berita-berita selebritis yang pada umroh. Bahwa umroh saat ini telah menjadi trend wisata ruhani di negeri ini. Yaa…di negeri yang mayoritas muslim ini. Coba perhatikan kecenderungan masyarakat kita akan tanyangan selebriti/infotainment yang begitu tinggi. Hampir semua stasiun TV punya program tayangan infotainment. Ada korelasi antara apa yang dilihat masyarakat dengan apa yang dilakukan para artis. Yaitu hampir apapun yang dilakukan para artis akan diikuti oleh masyarakat. Ketika para artis berbondong-bondong umroh pasti sebentar lagi umroh akan booming, dan ini sudah terbukti. Permintaan umroh saat ini sudah melewati 1.000.000 jamaah/tahun.

Kabar baik buat Anda yang baru mau mulai bisnis, PT Arminareka Perdana sebuah biro Perjalanan Umroh dan Haji Plus terbesar, terbaik dan terpercaya sedang gencar-gencarnya mencari agen baru. Hanya dengan membayar DP umroh 3.5 juta Anda langsung di beri Hak Usaha Agen resmi dari biro tersebut. Artinya hak usaha ke-Agen-an Umroh ini benar-benar free, GRATIS. Ajaibnya lagi DP yang Anda bayarkan tsb selain berfungsi sebagai pengurang biaya umroh, juga berlaku selamanya. Sebagai agen resmi Anda hanya punya kewajiban memasarkan umroh dan haji plus, berikutnya semua urusan pemberangkatan dan selama di Makah, Madinah, makan, hotel dan akomodasi, semua di urus oleh Armina. Enak bukan…? Coba perhatikan 4 langkah kunci sukses memulai bisnis di atas, dan aplikasikan dengan tawaran dari PT. Arminareka Perdana. Pasti  jawaban Anda pas…ini bisnis yang aku cari. Klop.

 

Tinggalkan komentar